[Travel] Taroko National Park

taroko-gorge-national-park-mapMusim panas di Taiwan semakin menyengat. Perlu mencari suasana segar dan alami di luar kota. Salah satu tempat yang bisa kita kunjungi adalah Taroko. Taman Nasional Taroko atau Taroko National Park (太魯閣國家公園 Tàilǔgé gúojiā gōngyuán) merupakan satu dari 8 taman nasional yang ada di Taiwan, dan merupakan salah satu primadona pariwisata yang sangat terkenal di Taiwan. Lokasinya membentang antara Taichung, Nantou, hingga Hualien.

Pada mulanya, taman ini bernama Tsugitaka – Taroko National Park, yang didirikan pemerintahan Kekaisaran Jepang di Taiwan oleh Gubernur Jendral Taiwan pada 12 Desember 1937. Namun dengan kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, Taiwan dikuasai oleh Partai Nasional. Pada 15 Agustus 1945 taman ini ditutup, hingga kemudian dibuka kembali pada 28 November 1986.

Nama “Taroko” berasal dari bahasa Truku (salah satu suku asli di Taiwan) yang memiliki arti “megah dan indah”. Pada zaman dahulu, salah satu orang suku Truku melihat keindahan tempat ini, dan karenanya ia menangis dan menyebut “Taroko”! Hingga kemudian, kata tersebut menjadi nama lokasi ini.

IMG_9105

Taroko terkenal dengan ngarai sepanjang 19 km dan tebing marmernya. Kita bisa melihat keindahan ciptaan Allah yang sungguh luar biasa di sini. Kekuatan alam membentuk ngarai dan tebing di Taroko menjadi beragam rupa. Selain marmer, Taroko juga terkenal dengan batu gioknya, dan dari sinilah pasokan batunya dikirimkan ke pasar giok di Hualien.

Untuk berkunjung ke Taroko, pertama-tama kita bisa naik kereta sampai stasiun kereta Sincheng (新城) (sekitar 2 stasiun sebelum Hualien city). Kemudian, perjalanan bisa dilanjutkan dengan bis yang berhenti di beberapa halte di dalam Taroko, seperti; Tzuchi Vihara, Sincheng Taroko Station (太魯閣火車站), Taroko Visitor Center (tempat parkir), Shakadang (砂卡礑) and Buluowan (布落灣).

Adapun perjalanannya sekitar 2 jam hingga pemberhentian terakhir di Tiansiang, dan biayanya sekitar 170-200 NTD. Cara lain untuk ke Taroko dari stasiun kereta Hualien atau Xincheng adalah dengan menyewa taksi. Adapun biaya sewanya 500 NTD per jam (minimal perjalanan 4 jam) atau 3.000 NTD per 7 jam. Walaupun lebih mahal, namun pengunjung bisa berkunjung dan berhenti di berbagai tempat yang menarik di sepanjang Taroko Park. keindahan ciptaan Allah yang sungguh luar biasa di sini. Kekuatan alam membentuk ngarai dan tebing di Taroko menjadi beragam rupa. Selain marmer, Taroko juga terkenal dengan batu gioknya, dan dari sinilah pasokan batunya dikirimkan ke pasar giok di Hualien.

IMG_9097

Cara lainnya adalah dengan menyewa skuter, seharga 600 NTD per hari di stasiun kereta Hualien atau Sincheng. Namun diharapkan orang yang mengendarai sudah cukup ahli dalam menaiki skuter mengingat kontur jalanan menuju Taroko yang cukup curam dan berbahaya. Bagi yang hendak menyewa skuter, disarankan sudah memiliki SIM Taiwan atau SIM yang berlaku secara internasional dan tak lupa tunjukkan paspor kita.

IMG_9444

Beberapa lokasi di Taroko yang direkomendasikan untuk dikunjungi antara lain:

  • The Eternal Spring Shrine (長春祠)
  • Buluowan (布洛灣)
  • Swallow Grotto & the Tunnel of Nine Turns
  • Shakadang Trail(砂卡噹步道)

IMG_9107Sebagai informasi, tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasuki taman nasional Taroko ini, kecuali hanya biaya transportasi dan keperluan pribadi. Oya, jangan lupa membawa perlengkapan pribadi seperti botol minuman dan minuman, snack/ makan siang secukupnya, serta perlengkapan ibadah (sajadah, dll) mengingat di dalam Taroko tidak terlalu banyak lokasi untuk membeli makanan/ minuman serta lokasi yang cukup nyaman untuk melaksanakan sholat.

IMG_9568

Kemudian, tips berikutnya adalah terkait waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Taroko, yaitu pada pagi hari di pertengahan pekan, dan di musim panas. Ada beberapa lokasi sungai dimana pengunjung dapat berenang di antara dinding marmer alami dan cantiknya pemandangan Taroko. Tips terakhir, jangan lupa untuk mengecek website Taroko untuk mengetahui informasi cuaca dan kondisi di sana, mengingat daerah ini cukup rawan taifun, gempa dan juga longsor. Selamat berpetualang di musim panas :D!

IMG_9123

IMG_9190

IMG_9431

IMG_9492

IMG_9497

IMG_9596

Author: Sunu Family

We are an Indonesian family living in Bonn, Germany since 2017. Our family consists of Ayah (Radit), Umi (Retno/ Chiku), Kakak (Zahra), and Adek (Faiq). We will share our experience living in Germany, our trips, thoughts, Umi's related research on her study, etc.

3 thoughts on “[Travel] Taroko National Park”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.