[Travel] Xi’an – Shaanxi Province, PRC

Xi’an (dulunya bernama Chang’an) merupakan sebuah kota kuno China yang menjadi titik awal ataupun akhir para pedagang yang melewati jalur perdagangan darat Internasional “Silk Road” di masa lampau. Oleh karenanya, tak heran apabila berbagai kebudayaan asing ada dan menyebar di sini, termasuk salah satunya adalah kebudayaan Islam yang dibawa para pedagang dari Timur Tengah.

Map-of-Xian-Location-in-China

Kota yang ada di China bagian tengah-timur ini, memiliki nilai historis yang luar biasa besarnya. Selain karena menjadi kota perdagangan kuno, Xi’an juga menjadi mausoleum termegah China, yaitu Terracotta Army or Bingmayong yang menjadi “teman” dan “penjaga” bagi makam kaisar pertama China, Shih Huang Di.

bingmayong1

Kota Xi’an lumayan jauh dari Beijing, sekitar 1200-an km. Jika menggunakan kereta ekspress malam dari Beijing, memakan waktu sekitar 10 jam. Saat aku berkunjung ke sana pada Juni 2010 lalu, aku hanya memiliki waktu yang sedikit, tak sampai 7 jam (dari jam 12 siang sampai 7 malam) dikarenakan jadwal perjalanan yang padat. Oleh karenanya, mimpiku menuju “Bingmayong” alias Museum Terracotta Army tersebut ndak kesampaian >____< (hiksu….). Selain waktu yang sempit, juga karena aku tak bisa menemukan bis untuk menuju ke sana (basa mandarin aye mepet sih ^^”).

Namun, Alhamdulillah, bagaimanapun aku harus tetap bersyukur bisa sampai di kota ini coz masih bisa jalan-jalan di pusat kotanya yang terkenal dengan Drum Tower dan Bell Tower nya. Juga Huajiu Lane atau daerah pemukiman Muslim China yang lokasinya bersebelahan dengan Drum Tower. Jalanan sepanjang 2 km tersebut menjadi “Muslim Area” dimana terdapat Mesjid Raya Xi’an, berbagai toko makanan dan restoran (HALAL tentunya :D!!!), serta pernak pernik khas lainnya.

Info lanjut tentang Xi’an bisa dilihat di SINI

Author: Sunu Family

We are an Indonesian family living in Bonn, Germany since 2017. Our family consists of Ayah (Radit), Umi (Retno/ Chiku), Kakak (Zahra), and Adek (Faiq). We will share our experience living in Germany, our trips, thoughts, Umi's related research on her study, etc.

One thought on “[Travel] Xi’an – Shaanxi Province, PRC”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.