[Info] Mengurus Surat Keterangan Lahir/Geburtsurkunde di Jerman

Pertama-tama, selamat atas kelahiran buah hatinya. Nah, sebagai orang perantauan di Jerman, kita perlu mengurus surat keterangan kelahiran atau Geburtsurkunde untuk buah hati sebagai bentuk tanggung jawab orang tua untuk memenuhi hak anak. Karena dari surat keterangan lahir inilah, segala urusan administrasi dan hak anak bermula.

Tanpa adanya surat ini, kita tidak bisa mengurus berbagai dokumen penting dan hak anak, mulai dari paspor, asuransi kesehatan, resident permit, Kindergeld dll.

Kalau di tanah air, RS otomatis akan memberikan surat pengantar keterangan lahir, namun masih harus diurus akta kelahirannya di kelurahan, kecamatan sampai di Kantor Catatan Sipil Kota/ Kabupaten.


Berbeda kalau di Jerman, begitu buah hati lahir dan si ibu sudah diperbolehkan pulang dari RS, pihak RS hanya akan memberikan informasi seputar bagaimana pengurusan surat keterangan lahir ini. Mereka tidak otomatis memberikan semacam surat pengantar. Saya sempat bingung dan menunggu-nunggu, karena saya kira prosesnya sama dengan di Indonesia.

Ternyata, kita harus mengurus dan mengajukan sendiri surat keterangan lahir tersebut (permohonan secara terpisah). Surat keterangan lahir di Jerman bisa dibantu diurus di bagian administrasi RS, melalui pos, fax atau email, atau langsung ke kantor catatan sipil (Standesamt) kota setelah dokumen persyaratan diajukan.

Berikut ini beberapa persyaratan dokumen yang harus diserahkan ke bagian administrasi RS/ standesamt:

  1. Formulir permohonan (minta ke RS atau kantor Standesamt) yang sudah diisi. Usahakan sudah ada nama anak agar bisa segera diurus
  2. Fotokopi akta/ buku pernikahan kita dalam bahasa Indonesia dan terjemahannya dalam bahasa Jerman
  3. Fotokopi paspor dan resident permit kita (sebagai kedua orang tua)
  4. Jika punya anak lain, sertakan pula fotokopi paspor dan resident permit anak tersebut.
  5. Fotokopi terjemahan akta kelahiran kedua orang tua dalam bahasa Jerman (untuk case kami, Alhamdulillah ini bisa di skip, tergantung kota masing-masing. Ada yang mewajibkan, ada yang tidak)
  6. Biaya pengurusan surat keterangan lahir (dibayar tunai). Ada 3 macam surat yang diterbitkan, saya lupa apa saja, yang pasti ada yang dalam bahasa Inggris. Total biayanya sekitar 20 Euro untuk 3 jenis surat tadi, Plus 5 Euro untuk administrasi (hasil surat yang sudah jadi, dikirim via pos).



Berhubung sekarang ini sedang pandemi Corona, Standesamt di Bonn tidak melayani pengurusan surat secara langsung, sehingga kami mengurus surat keterangan lahir melalui bagian administrasi RS. Lagipula, formulir permohonan surat keterangan lahir harus mendapat cap basah dari RS. Jadi sekalian saja mengurusnya :).

Setelah persyaratan disampaikan ke RS, jika ada dokumen yang kurang, pihak RS akan menelpon kita dan meminta dokumen tambahan dikirimkan melalui email. Jadi tidak perlu bolak balik ke RS.

Setelah dokumen lengkap, pihak RS akan mengirimkan surat konfirmasi nama anak yang perlu kita (kedua ortu) tanda tangani, dan di-scan + kirim balik via email.

Surat keterangan lahir ini, perlu proses sekitar 1-2 minggu dan dikirim lewat pos ke alamat kita (khususnya karena sekarang lagi masa pandemi Corona).

Kurang lebih itu info seputar bagaimana proses mengurus surat keterangan lahir. Semoga bisa memberikan gambaran untuk teman-teman yang akan/ baru menyambut buah hatinya di Jerman :). Feel free to contact jika ada yang hendak ditanyakan. Mungkin akan ada beberapa proses yang berbeda, menyesuaikan dengan kebijakan kota.

Author: Sunu Family

We are an Indonesian family living in Bonn, Germany since 2017. Our family consists of Ayah (Radit), Umi (Retno/ Chiku), Kakak (Zahra), and Adek (Faiq). We will share our experience living in Germany, our trips, thoughts, Umi's related research on her study, etc.

2 thoughts on “[Info] Mengurus Surat Keterangan Lahir/Geburtsurkunde di Jerman”

  1. Salam kenal mbak mau tanya cara2 mengurus akta lahir? Wkt di RS aku di kasih formulir standesamt trus 1 lagi kertas geburtsbescheinigung(dlmnya info nama anak&ibu trus ada stempel RS) ..apa itu yg mbak maksud cap basah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.