[Story] Menanti Sang Pemberani

tumblr_nfdeciZJDR1u3is7mo1_400

Beberapa waktu lalu saya melihat gambar di atas di lini masa facebook saya. Salah seorang kawan men-share-nya dari fanpage pak Mario Teguh. Setelah membaca tulisannya, entah saya jadi “merasa tersindir” dan juga jadi teringat dengan beberapa kisah kawan saya.

Beberapa kali saya mendapati cerita; laki-laki yang perlahan tapi pasti, mundur, ketika tahu bahwa sang calon wanita adalah sosok wanita yang “lebih”. Entah baik dari sisi umur, pendidikan, ekonomi maupun aspek lainnya yang membuat ego sang lelaki tersebut jadi “terguncang”.ย Kawan-kawan saya yang “senasib” kerap kali mengalami kekecewaan ketika tahu alasan dibalik sebuah penolakan dalam berproses adalah karena latar belakang “kuat” tersebut. Tentu saja, wajar sebenarnya, ada rasa keder dan khawatir dengan “kelebihan” ini. Namun, tidakkah sebaiknya kita melihat kembali bagaimana esensi dari tujuan terciptanya ikatan suci, halal dan diberkahi Allah tersebut?

Maka, teruntuk mereka yang belum memiliki cukup keberanian (*instead of bilang penakut :p), renungkan, pikirkan serta istikharah-kan kembali baik-baik keputusan dalam memilih. Jangan hanya karena sang calon “lebih”, kemudian kalian mundur begitu saja sebelum memulainya dan memahaminya.

Again, I’m totally agree dengan nasihat pak Mario:ย “Wanita yang kuat menakutkan bagi laki-laki yang lemah, tapi sangat menarik bagi laki-laki yang jelas impian dan rencana hidupnyaโ€ฆ” – Mario Teguh

Ah, mungkin memang begitu. Saya masih (dan selalu) percaya pada janji-Nya, akan ada seorang pemberani yang memahami esensi dari hubungan suci tersebut. Hope to see you in the right time and the right place, the brave one.ย Semoga….

[Kurochan] Together

[Kurochan] Together

Foto ini kuambil saat dalam perjalanan mudik menuju Wonosobo. Rute yang diambil adalah jalur tengah (Purbalingga). Kutemukan dua buah pohon besar di daerah Randudongkel yang menurutku sangat cool~ MaasyaAllah…

Terlebih, at that time cuacanya sangat perfect dengan paduan cerahnya langit biru + hijaunya tumbuhan + warna warni alam lainnya.

Wish to capture another shot of these trees ๐Ÿ™‚

[Kurochan] Winter is coming!

[Kurochan] Winter is coming!

ๅ†ฌใฏๆฅใŸใ ๏ผThis picture actually was taken one year ago (waaah gak berasa, cepet banget dah winter lagi yaaak XD). Udara di daerah gunung selatannya Taipei sudah beranjak menurun suhunya. Tahun lalu, rekor terdingin saat winter di sini adalah 5 derajat celcius. Memang, tidak sedingin dan seekstrim daerah empat musim lainnya. Hanya saja, yang bikin rada’ khawatir selama winter nanti adalah ketiadaan si penghangat ruangan alias heater XD. Mungkin agak nanggung juga kali, klo pake alat ini. Secara, perlu hemat energi XD

Smoga tahun ini bisa survive dan tetap sehat + semangat. aamiin.

Dear winter, I’m welcoming you :D!

Weekly Photo Challenge: Horizon

This’s my first time to join Weekly Photo Challenge. Actually, I did know this website since long time ago. But since my activities are crazily busy (*made an excuse ;p), I just make my first post for this challenge now. Hope it won’t never late to start ๐Ÿ˜€

This time the theme is Horizon. From this LINK, Horizon defined as the space or line where the sky meets the earth. So many places where the sky meets the earth around the world, and millions of interactions between two elements. It can be water, a city skyline, a forest, a wasteland, a desert, a sunset outside your bedroom window.

Jom, sila melihat-lihat. Those pictures taken in Nusa Dua Beach, Bali (2009).ย These are particular horizon which speaks to me:

The sun gets ready to rise
The sun gets ready to rise
Step by step, it's rising
Step by step, it’s rising
Yatta! Finally it's rising. MaasyaAllah...
Yatta! Finally it’s rising. MaasyaAllah…

Photos taken by: Canon IXUS 95S

Edited: brightness, color deepen

[My Kitchen] Homemade Pizza

[My Kitchen] Homemade Pizza

Summer break yang lalu, Alhamdulillah ada rezeki bisa pulang ke tanah air dan bisa mengoptimalkan fungsi dapur rumah sebesar-besarnya. hahaha…. Terinspirasi dari keinginan untuk membuat pizza buatan sendiri (klo beli mah lumayan mahal XD), maka dengan bahan seadanya yang ada di kulkas, maka kubuatlah home made pizza ini.

Pizza buatanku gak perlu peralatan yang sulit dan juga bahan yang susah. Walo dikatakan home-made (dibuat di rumah), tapi ya harap dimaklumi kalo mostly bahan panganan yang dipake adalah yang siap saji. wkwkwk (sama aja bo’ong :p). But at least, I’ve try my own recipe. Eh, sakjane bukan berdasarkan resep yang sebenarnya sih, tapi cuma karena “keahlian” mencampur aduk bahan panganan :p. Jaa, mari kita baca proses pembuatannya:

Bahan Adonan Roti: beli jadi di supermarket, sudah berbentuk frozen

Bahan Saus:

  • Saus sambal secukupnya, sesuai selera –> saya suka pakai sambal belibis
  • Saus tomat
  • Taburan parsley atau basil kering
  • Lada hitam/ lada putih sesuai selera

Bahan topping:

  • Sosis ayam/ sapi dipotong kecil-kecil (biar hemat :p)
  • Jagung bulir secukupnya
  • Keju mozzarela secukupnya
  • Bawang bombay dan paprika, potong kecil-kecil

Cara memasak:

Gunakan teflon untuk memasak saus, campurkan semua bahan saus, aduk hingga rata. Tata topping di atas adonan roti, tuangkan saus, dan tak lupa taburi keju mozzarela, Setelah itu, panggang di oven atau kalau gak punya oven, bisa pakai teflon bertutup. Hidupkan api kecil, panggang selama 15-20 menit. Biarkan keju meleleh ๐Ÿ˜€

Nah, setelah bahan matang dan adonan roti menguning, angkat. Letakkan di piring Anda, hias sesuai selera :). Sajikan hangat ^^

PS: maap itu fotonya tak bermaksud untuk promosi brand tertentu yak. Pas kepotret sih ๐Ÿ˜‰

[Foto] Pesan CINTA dari Eyang Habibie

1174692_432469186867745_1519096736_n

Pada 18-20 Agustus 2013 lalu, aku bersama-sama dengan sekitar 3.000 orang Indonesian Diaspora datang dari berbagai belahan penjuru dunia untuk menghadiri The 2nd Congress of Indonesian Diaspora di Jakarta Convention Center, yang diadakan oleh Kementrian Luar Negeri RI. Nah, saat acara penutupannya, para peserta kongres mendapat bekal berupa “pesan CINTA” dari Prof. BJ Habibie. Berikut ini adalah oleh-oleh dari kongresnya. Untuk kita renungi bersama ๐Ÿ™‚

Dalam acara penutupan CID 2013 kemarin, Prof. BJ Habibie memberikan pesan CINTA:

1 + 1 + 1 = 300. Ini bukan karena korupsi, tapi karena “Sinergi positif”

Kalau 1 + 1 + 1 = – 300. Itu namanya sinergi negatif.

Nah, bagaimana bisa untuk bersinergi positif? Ada 5 CINTA:
1. Cinta pada sesama manusia, mulai dari orang tua dan keluarga, dan kemudian pada sekelilingnya
2. Cinta pada karya-karya manusia, termasuk pesaing atau lawannya
3. Cinta pada pekerjaannya
4. Cinta pada lingkungan hidup, supaya harmonis dan ramah
5. Cinta pada Tuhan Yang Maha Esa

Oya, fyi dalam kesempatan ini pula, beliau mendapatkan The Indonesian Diaspora Lifetime Achievement Award. MaasyaAllah…

PS: Foto diambil dengan Canon EOS 550 D feat Lensa 55 – 250 mm.

Eid Mubarak :)!

Eid Mubarak :)!

Dear all my Muslim friends, sisters and brothers

EID MUBARAK ! 1 Syawal 1434 Hijriyah

ุชูŽู‚ูŽุจูŽู‘ู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ู…ูู†ูŽู‘ ูˆูŽ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ุตููŠูŽู…ูŽู†ูŽุง ูˆูŽ ุตููŠูŽู…ูŽูƒูู…ู’ ูƒูู„ูู‘ ุนูŽุงู…ู ูˆูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุจูุฎูŽูŠู’ุฑ

Semoga segala amal dan ibadah selama Ramadhan kita diterima dan bernilai di mata Allah swt, serta semoga kita diperkenankan untuk berjumpa kembali dengan Ramadhan berikutnya. aamiin

Mohon maaf lahir dan batin atas semua khilaf selama ini.

Salam hangat dari keluarga besar saya untuk rekan-rekan semua ^^

PS: Khususnya untuk Ayahanda dan Ibunda, selamat ulang tahun pernikahan yaaa ! 8 Agustus 1982 – 8 Agustus 2013. Smoga senantiasa berkah, sakinah, mawaddah wa rahmah. Baarakallahulakum… (hug… XD)

[Foto] N-Seoul Tower

[Foto] N-Seoul Tower
Hi! Hallo!
Foto ini diambil di salah satu landmark en icon-nya kota Seoul; Namsan Seoul Tower atau yang lebih dikenal dengan N-Seoul Tower. Untuk mencapai tempat ini, ada beberapa cara; yang pertama dengan menaiki bis umum yang warna bisnya memiliki corak khusus. Ada 2 bis yang memiliki rute ke N-Seoul Tower, yaitu Bis nomor 3 dan 5 naik dari MRT Chungmuro station exit 2. Biayanya tidak terlalu mahal, sekitar 1050 won.

Cara kedua adalah dengan menaiki cable car, biayanya cukup mahal; 6000 won dan itungannya perjalanannya cukup singkat (gak berasa 6000 wonnya. hahaha…)

Oya, sebelum ke sana, siap-siapin stamina ya. Karena dari tempat pemberhentian bus maupun cable car, kita masih harus jalan menanjak menuju ke puncak bukit tempat tower ini berada. Menges deh pokoknya -___-”

Anyway, gambar di atas itu sakjane adalah gembok cinta. Cerita tentang N-Seoul Tower dan gembok cinta tersebut akan kutulis di tulisan tersendiri ya :). Matte kudasai ;D

[Foto] Haedong Yonggungsa Temple – Busan

[Foto] Haedong Yonggungsa Temple - Busan

Alhamdulillah, setelah sempat beberapa kali tertunda, rencana menuju kota ujung Korea Selatan kesampaian. It’s time for Busan :D!

Pertama kali kukira Busan adalah kota pelabuhan yang panas –> kepikirannya seperti Surabaya. Tapi ternyata perkiraanku salah!

Busan sungguh sejuk dan windy. Menurut temenku, memang cuaca di Busan itu yang paling oke di seantero Korea; sejuk di kala summer, dan relatif lebih hangat saat winter (salju gak sampai menumpuk, walo anginnya tetep dingin menusuk :p)

12 Hari di Korea, hampir setiap harinya diliputi oleh awan mendung dan hujan rintik. Namun, di Busan the weather was perfect :D!

Aku diajak kawanku (mb Nelly) ke Haedong Yonggungsa Temple, sebuah temple Buddha yang terletak di ujung pantai –> keingetnya langsung ke Pura yang ada di pinggir pantai Bali.

Informasi dan cerita lengkap tentang perjalanan ke sini akan kutulis di lain kesempatan. Di sini aku upload dulu fotonya ya :)!

Sambil baca-baca, bisa klik langsung website resminya: http://www.yongkungsa.or.kr/en/ atau http://visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=264404

Selamat membaca dan melihat ๐Ÿ™‚

[My Kitchen] Home-made Cheese-cake

[My Kitchen] Home-made Cheese-cake

Sabtu lalu, karena lagi stress ngerjain paper final term, maka pelarianku adalah masak-masak. hwahahaha…. Motong-motong en ngaduk-ngaduk bahan masakan sambil nyari inspirasi untuk paper 3000 kata.

Entah pastinya kapan daku tiba-tiba terinspirasi untuk membuat cheese-cake. Kayaknya udah tertanam sejak jaman di Galuh 2 No. 4 deh (kantor IM), dibuatin cheese-cake ama mb Nia :D!

Berhubung peralatan masaknya terbatas, maka kucarilah resep cheese-cake tanpa proses pemanggangan/ oven.ย Nah, berikut ini hendak ku-share pengalamanku membuat cheese-cake setengah berhasil ini (instead of setengah gagal –> perkataan orang optimis :D).

Bahan

  1. Satu bungkus biskuit manis (kmaren pake Ritz Cheese –> gagal TT__TT. Lebih pas kalo pake biskuit smacam roti marie)
  2. 80 gr butter plain, lelehkan –> cari yang halal ya ๐Ÿ™‚
  3. 250 gr Light Philadelphia Cream Cheese Block –> alhamdulillah ini ada logo halal MUI en NZ
  4. Gula halus secukupnya –> kalau suka manis, diberi yang agak banyak ๐Ÿ˜€
  5. Satu bungkus agar-agar plain –> cairkan dengan 1/4 gelas air mendidih
  6. Buah potong kecil untuk hiasan –> bisa kiwi, stroberi, ato olesan selai blueberry (sesuai selera)

Cara Membuat
1) Adonan biskuit
Hancurkan biskuit hingga halus, campur dengan butter yang sudah dilelehkan. Aduk hingga rata. Masukkan ke wadah yang telah disediakan . Ratakan, masukkan ke dalam kulkas.

2) Adonan Cheese
Lunakkan Philadelphia cheese block, masukkan gula halus sesuai selera dan tingkat manis, aduk hingga halus. Kalau punya mixer lebih bagus lagi

–> Klo aye berhubung gak punya, jadi aduk manual hingga pegel -___-”

3) Masukkan cairan agar-agar plain ke dalam adonan cheese, aduk hingga rata. Cairan ini berfungsi untuk membekukan dan menyatukan adonan ๐Ÿ™‚

4) Tuang adonan cheese ke atas adonan biskuit –> Di kasus percobaan pertama aye kemaren, berhubung pake Ritz kurang halus, jadinya adonan biskuit digabung ke adonan cheesenya :V.

5) Masukkan kulkas kira-kira 3 jam. Biarkan hingga adonan membeku dan menyatu.

Penyajian
Potong cheese-cake sesuai selera, hias dengan buah potong dan tuangkan krim cair atau gula halus.

Jumlah kalori
– Hm…. aye gak tahu sih, gak ngitung -___-“. Tapi pastinya kalori sepotong cheese-cake hanya bisa dihilangkan dengan berlari keliling lapangan 3 kali puteran. hehehe…..
– Warning buat yang lagi diet, disarankan untuk tidak makan ini :p

PS: Tulisan ini dibuat dalam rangka escaping (for a while) dari final term exam paper. hehehe

Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

[My Kitchen] Spaghetti Tuna Cheese

[My Kitchen] Spaghetti Tuna Cheese

Niat untuk membuat spageti dengan saus kreasi sendiri sudah kupupuk sejak lama, terutama sejak punya kompor dan wajan (#fyi, beberapa bulan pertama di sini, aye masaknya pake rice cooker. hehehe…).ย En karena ingin memasakkan dua orang spesial yang ada di kosku (eaaa~ #iki Aarin, adek kosku + Kiswah, sang pemilik Apronkiss yang tengah berkunjung), jadilah hari ini aku memasak spageti ^^”. Anyway, special thanks untuk Kiswah yang udah nata makanannya, en jadi “kelinci percobaan” nyicipin spagetiku ini. En thanks buat Aarin yang dah bersedia makan siang dengan spageti buatanku.

Sekedar info, berikut resep spaghetti a la Chikupunya’s Kitchen:

Bahan

  • 1 liter air
  • 400 gram spaghetti
  • 2 sdm minyak sayur

Saus spaghetti

  • 1 bungkus saus Spaghetti La Fonte siap saji
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 2 buah bawang bombay, cincang
  • 1 buah paprika, cincang
  • 200 gr daging Tuna segar
  • 4 lembar keju
  • 50 ml air
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam

Pelengkap

Taburan daun parsley untuk hiasan

Cara membuat

  • Rebus spaghetti selama 15 menit, beri minyak sayur. Tiriskan, buang airnya dan sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng, tumis bahan-bahan segar seperti bawang putih, bawang bombay, dan paprika hingga harum. Masukkan daging Tuna, masak hingga berubah warna.
  • Tambahkan saus spaghetti La Fonte, kemudian tambahkan air sambil diaduk. Masak hingga mendidih.
  • Masukkan keju, dan tambahkan merica bubuk, masak hingga mengental.

Penyajian

Tata spaghetti di atas piring, beri saus di atasnya, taburi dengan daun parsley dan sajikan hangat :).

[Foto] Stress & Handy-craft

Stress & Handy-craft

Someone said that one of the ways to release your stress and train your patience is by doing handy-craft things…

#tergantung juga sih, bisa jadi malah tambah stress karena gak jadi-jadi kerajinannya. bwahahahaha…. –> pertanda latihan kesabarannya belum berhasil

Btw, kerajinan gantungan tersebut kubuat saat mengikuti Eco-Awareness Camp di Tzu Chi University, Hualien pada 17-19 Mei 2013 lalu.ย Karena temanya adalah eco-awareness, jadi bahan- bahan untuk kerajinannya diperoleh dari baju bekas yang digunting-gunting.ย Setelah 2 jam berjuang menjahit di sana-sini, akhirnya jadilah gantungan Hello Kitty ane :D! Alhamdulillah….

431934_631869340174878_954568524_n

#untungnya kerajinan yang kubuat kali ini gak “separah” Chinese Knot yang menghabiskan 6 jam waktuku. wkwkwk….

[Photo] Beautiful Summer!

Beautiful Summer!

Ceritanya hari Sabtu lalu Taipei yang biasanya dirundung awan mendung, Alhamdulillah, mendapatkan kesempatan siraman cahaya matahari dan cerahnya hari dengan penuhnya.

Summer di Taipei sebenernya bisa dikatakan gak nyaman karena selain panas, lembabnya luar biasa. Bikin gerah nyegrak-nyegrak.

Alhamdulillah, hari itu berbeda. Walaupun sang matahari menunjukkan full power sinarnya, tapi sang angin dengan silirnya berhembus, mendinginkan suasana sore hari di kota Taipei.

Kesempatan ini tentu tak boleh kulewatkan :D! Dengan berbekal Easycard yang sudah terdaftarkan ke U-bike (sistem rental sepeda di kota Taipei), berkelilinglah daku ke kampus National Taiwan University (NTU) alias Taida yang terkenal luas dan adem :D.

Saking luasnya, daku sempet tersesat karena gak tawu arah exit-nya >__<. Namun rejeki, alhamdulillah malah nemu pemandangan cantik ini.

Pengen rasanya berguling-guling di lapangan rumput nan hijau itu, tapi malu ah~ wkwkwkw….

Next time, perhaps :p

Dakwah & Kelembutan

Dakwah & Kelembutan

Apabila dakwah hanya mengedepankan emosi dan kekerasan, bisa diibaratkan seperti menghadiahkan berlian dengan melemparkan secara kasar dan menyakitkan. Sehingga orang yang dihadiahi tidak tahu bahwa itu berlian atupun hadiah. Karena yang dia rasakan hanya batu keras yang menyakitkan…. (Vbi Djenggotten)

“Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah (lemah lembut) dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik” (Q.S. An-Nahl: 125)

Sakura & Its Beauty

IMG_6199

MaasyaAllah, mendapat kesempatan untuk melihat keindahan ciptaan-Nya di bumi Formosa ini; paduan cantik bunga dan kupu-kupu :). Btw, Sakura, not only in Japan, but also Taiwan too ^^! Oya, sungguh rejeki bisa menangkap gambar kupu-kupu yang hinggap di pohon sakura. Perfecto~

Foto-foto ini kuambil saat ber-hiking ke Zhinan Temple, 17 Maret 2013 yang lalu. Rame-rame bersama warga di Wenshan District, kami berboyong-boyong menuju lokasi dengan menaiki 1200 anak tangga (bener-bener olahraga -____-“).

Photo taken in Zhinan Temple, Muzha

Sakura & Its Beauty
Kupu-kupu da!
IMG_6212
Sakura~
IMG_6221
Again, kupu-kupu